Rabu, 11 April 2012

Batik Semarang apakah ada???

Batik Semarang, sepertinya masih asing di telinga masyarakat Semarang sampai saya sendiri pun ragu (karena saya diminta oleh Dosen saya untuk meneliti Batik Semarang untuk Skripsi...Hehehehe), Yap, benar batik semarang sudah lama ada sebenarnya, Batik Semarang pernah mengalami kejayaan sebelum akhirnya pada tahun 1942 terbakar, saat itu Semarang masih dalam masa pendudukan Jepang. Sejak saat itu Batik Semarang seolah mengalami mati suri. Usaha untuk membangkitkan kembali Batik Semarang pernah juga dirintis pada awal tahun 1980 namun gagal bertahan dan kembali tenggelam.
Tentu banyak faktor yang menyebabkan kegagalan tersebut. Sampai akhirnya Batik Semarang mulai bangkit lagi di tahun 2006.






Begitu banyak cara yang digunakan untuk mengenalkan Batik khas Semarang kepada masyarakat, agar masyarakat mengetahui kalau di Semarang juga mempunyai batik...Jadi sebagai warga Semarang patut kita berbangga kalau kita mempunyai banyak budaya...

Bagi yang ingin mengunungi atau membeli batik bisa langsung Lokasi Kampung Batik Semarang tidak jauh dari Bundaran Bubakan, Semarang Tengah. Bagi yang belum tahu Bundaran Bubakan, bundaran ini cukup dekat dari pusat kota Semarang (Semarang Kota Lama). Jika Anda dari Pasar Johar, Anda cari saja jalan yang menuju arah Jalan Patimura atau Dr Cipto. Sedang jika Anda dari Simpang Lima, bisa menuju Jalan MT Haryono, terus saja ke arah Pasar Johar.

Setelah sampai Bundaran Bubakan arahkan kendaraan ke arah Jalan Patimura. Sebelum masuk Jalan Patimura, Anda akan melihat Hotel Djelita, tidak jauh di sebelah kirinya ada gapura cukup besar, dan ada plang bertuliskan Jl. Batik. Begitu masuk jalan tersebut memang tidak langsung terlihat aktifitas membatik. Anda bisa tanya dimana lokasi Balai Batik Semarang pada masyarakat sekitar, tidak jauh dari tempat itu Anda akan melihat tempat produksi batik, baik di rumah yang dijadikan work shop atau show room maupun di Balai Batik Semarang.

sekiannn...

0 komentar:



Posting Komentar