Selasa, 28 Februari 2012

Sejarah Singkat Gerakan Pemuda GPIB

Di awal berdirinya GPIB pada tanggal 31 Oktober 1948, jemaat-jemaat perkotaan sudah terdapat organisasi-organisasi kaum muda, (ex : Persatuan Pemuda Kristen (PPK) di Medan, Angkatan Muda Kristen (AMK) di Bandung, Angkatan Muda Protestan (AMP) di Jakarta, Persatuan Pemuda Protestan (PPP) di Surabaya, dll.Semua perkumpulan tersebut berasa di luar Gereja dan berdiri sendiri-sendiri.

Baru pada tanggal 13-17 Juli 1950, diadakan konferensi 1 Pemuda GPIB di Surabaya yang menghasilkan komisi pemuda sinode dan masukkan bahan bagi persidangan sinode dalam hal peleburan jemaat yang berbahasa belanda dan indonesia menjadi berbahasa indonesia saja. 

Dan pada Tanggal 15 juli 1950, dipakai sebagai tanggal lahirnya Gerakan Pemuda karena adanya kesepakatan membentuk wadah kebersamaan pemuda-pemudi GPIB. Penetapan nama Gerakan Pemuda sendiri baru dilakukan pada konferensi di pendopo GPIB EFFATHA JAKARTA, tanggal 22-26 Oktober 1957 yang juga menghasilkan dewan yang pertama.

Pada masa awal-awal berdirinya, tugas GP meliputi pelayanan pemuda dan koordinasi antar perkumpulan, pelayanan sekolah minggu dan wadah kaderisasi guna mengambil alih kepemimpinan Gereja maupun masyarakat.

Dalam kenyataan saat ini keberadaan pemuda Gereja boleh dikatakan berada pada suatu masa peralihan di mana akan muncul berbagai perubahan baik yang diakibatkan pengaruh pola pikir dan tindakan dari dalam diri sendiri, maupun pengaruh proses perubahan yang terjadi di tengah sosialisasi dan komunikasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara kita yang sangat majemuk (Ras, Suku dan Antar golongan) dan komplex, selain itu juga ada pengaruh globalisasi si segala bidang yang sedang melanda dewasa ini.

hendaknya dipahami bahwa BPK GP adalah wadah pembinaan pemuda-pemudi GPIB untuk dipersiapkan mengambil peran di tengah-tengah pelayanan Gereja dan Masyarakat di mana "ia" di hadirkan. peran itu diwujudnyatakan dalam pelayanan di PA, PT dan pelayan di lingkungan masyarakat.





bacaan : http://gpimmanuel.blogspot.com/

0 komentar:



Posting Komentar